Analisis Keberhasilan Terapi Bermain terhadap Perkembangan Potensi Kecerdasan Anak Retardasi Mental Sedang Usia 7–12 Tahun

Lilis Lisnawati, M. Nurhalim Shahib, Hidayat Wijayanegara

Abstract


Retardasi mental (RM) merupakan gangguan heterogen yang terdiri atas fungsi intelektual di bawah rata-rata disertai gangguan keterampilan adaptif. Terapi bermain merupakan pendekatan yang efektif untuk melatih anak RM taraf sedang dalam mempelajari suatu konsep pembelajaran. Terapi bermain dilakukan dalam ruang khusus yang didesain sebagai tempat bermain yang dilengkapi dengan perangkat mainan khusus untuk menstimulus perkembangan potensi anak RM taraf sedang. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan keberhasilan pengembangan potensi kecerdasan anak RM sedang dengan menggunakan instrumen The Wechsler-Intelligence Scale for Children (WISC) melalui penerapan terapi bermain.  Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak RM sedang di SDLB Aisiyah usia 7–12 tahun sejumlah 13 anak. Pendekatan analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan pendekatan Wilcoxon dan Kruskal Wallis yang selanjutnya dilakukan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran kondisi RM yang menyertai anak meliputi: faktor internal yaitu fase yang dialami anak pada masa kehamilan, persalinan, menyusui dan tahap tumbuh kembang, serta faktor eksternal yaitu kondisi sosial ekonomi keluarga dan pola asuh pada anak. Hasil penelitian 7 dari 13 anak RM sedang berhasil mengalami peningkatan dalam pengembangan potensi kecerdasannya. Bila dilihat dari hubungan frekuensi diberikannya terapi dengan tingkat keberhasilan anak, dari 7 anak RM sedang yang berhasil, 5 di antaranya termasuk kategori sering diberikan terapi bermain. Simpulan, terapi bermain mampu meningkatkan keberhasilan pengembangan potensi kecerdasan anak RM sedang. Keberhasilan tersebut berhubungan dengan frekuensi diberikannya terapi bermain dan didukung oleh kondisi penyerta (faktor internal dan eksternal) pada diri anak. [MKB. 2014;46(2):73–82]

Kata kunci: Terapi bermain, kecerdasan, retardasi mental sedang

 

Analysis of the Effectiveness of Play Therapy in Developing the Intelligence of 7–12 Years Old Children with Moderate Mental Retardation

Mental Retardation (MR) is a heterogeneous disorder that consists of lower than average intellectual function along with the disruption of adaptive skills. Play therapy is an effective approach to train children with moderate MR in studying the concept of learning. Play therapy is conducted in a special room designed as a playground, equipped with special toys to stimulate potential development of children with moderate MR. This research aimed to improve the success of the potential development of intelligence in children with moderate MR using WISC instrument through play therapy. The study design used quasi-experimental method (quasi-experiment) and qualitative analysis. The subjects of this study were thirteen 7–12 years old children with moderate MR in extraordinary primary school Aisiyah. The analysis approach used was statistical analysis with Wilcoxon and Kruskal Wallis approaches. A descriptive analysis was subsequently carried out to provide a snapshot of MR conditions that accompany the child including: internal factors, i.e. the phase experienced by the child during pregnancy, childbirth, breastfeeding and the stage of growth and development, and external factors i.e. the family's socioeconomic condition and children upbringing. The results showed that 7 out of 13 children with moderate MR had experienced an increase in the potential development of intelligence. In terms of the relation between the therapy frequency and the children success rate, 5 of 7 moderate MR children who were successful were in the category of frequent treatment of play therapy. In conclusion, play therapy can increase the potential for successful intelligence development of children with moderate MR. This success is associated with treatment frequency and is supported by the presence of concomitant conditions (internal and external factors) in children. [MKB. 2014;46(2):73–82]

Key words: Play therapy, intelligence, moderate mental retardation

 

DOI10.15395/mkb.v46n2.277


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3925 times
PDF - 4631 times




 


Creative Commons License
MKB is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 


View My Stats